Card image cap
Fungsi Kunci Pas : Penjelasan dan Perbedaan

Fungsi Kunci Pas : Penjelasan dan Perbedaan

Dalam dunia otomotif, teknik, dan perbengkelan, terdapat 2 (dua) alat bantu kerja sebagai komponen yang mempermudah pekerjaan dalam pembedaan berdasarkan tenaga penggeraknya, yakni alat tangan dan alat mesin.

Alat tangan (Hand Tool) menjadi komponen dan menjadi penunjang utama yang membantu proses kerja secara detail dibandingkan dengan alat mesin. Dengan kata lain, alat tangan dapat menjangkau pekerjaan (kerusakan) yang terdapat pada alat mesin itu sendiri.

Kunci Pas merupakan salah satu alat yang termasuk dalam kategori alat tangan (hand tool). Kunci pas ini juga memegang peranan penting dalam proses kerja baik perbaikan maupun perawatan. Kunci pas tersedia dalam berbagai jenis dan ukuran karena diusahakan sesuai dengan kondisi di lapangan.

Kunci pas terbuat dari baja yang dikeraskan dan dilapisi khrom atau nikel. Pada umumnya, kunci pas ini berfungsi sebagai alat untuk memasang dan melepas baut/mur, skrup, snapring. Namun, pada kenyataannya di lapangan tentu akan terjadi berbagai kondisi. Maka dari itu, kunci pas dibedakan menjadi 3 (tiga) jenis yaitu:


a. Kunci Pas

kunci pas terbuka
Kunci ini berbentuk batang pipih yang memiliki mata kunci terbuka seperti huruf U dengan derajat mulai dari 15-90 derajat tergantung dari jenis kunci pas itu sendiri. Kelebihan dari kunci ini, yaitu bisa digunakan untuk melepas dan memasang lebih dari satu bentuk baut karena desainnya yang terbuka.
Model rahang kunci pas bisa digunakan secara bolak balik, sehingga bisa menjangkau area lain dari baut. Alat ini bisa dimanfaatkan untuk mengendurkan pipa bahan bakar agar tidak ada komponen lain yang ikut berputar.

b. Kunci Ring

kunci pas ring
Kunci ring didesain untuk melepas dan mengencangkan kepala baut dengan memberikan momen tambahan lebih besar. Hal ini karena lengan dari alat tersebut lebih panjang, sehingga bisa lebih optimal untuk mengencangkan. Kunci ring bisa menutup seluruh bagian luar dari baut dan mur yang akan dipasang atau dibuka. Hal ini tentu menjadi kelebihan tersendiri, karena bisa meminimalisir terjadinya kerusakan. Alat ini juga bisa menjangkau tempat yang cekung karena didesain dengan bentuk melengkung.

c. Kunci Kombinasi


Kunci kombinasi ini adalah kunci yang paling banyak diminati karena kunci ini merupakan penggabungan dari kunci pas dengan kunci ring sehingga penggunaannya akan lebih efektif untuk 2 (dua) jenis kondisi.
Masing-masing jenis kunci bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi di lapangan.

0 Komentar
No data yet
Tinggalkan Komentar
Keranjang (0 item)