Card image cap
Fungsi Tang : Penjelasan dan Perbedaan
Fungsi Tang sebagai alat perkakas di kehidupan sehari-hari kita.

Tang merupakan salah satu alat perkakas yang sering digunakan, baik keterlibatannya dalam dunia reparasi, otomotif, kelistrikan skala kecil maupun skala besar.

Selain karena bentuknya yang sederhana, tang juga memiliki fungsi sebagai berikut:

a. Memotong kabel atau kawat

Ini merupakan fungsi umum sebuah tang. Dimana tang bisa memotong suatu benda dengan karakteristik yang cenderung keras dan biasanya tidak dapat dipotong menggunakan gunting.

b. Membengkokan benda

Tang biasanya digunakan sebagai alat penjepit benda sejenis paku, logam dan sebagainya untuk dibengkokan dengan tujuan tertentu.

c. Alat bantu memegang sesuatu

Sesuai dengan fungsi menjepit, tang juga biasa digunakan untuk memegang sesuatu salah satunya instalasi listrik.

d. Alat pembuka dan penutup 

Tang digunakan sebagai alat bantu untuk membuka dan menutup suatu yang cukup keras, seperti kaleng cat.

e. Mencabut paku


Jenis-jenis tang 

Tang memiliki fungsi yang berbeda untuk masing-masing jenisnya, walaupun pada umumnya tang dikenal sebagai alat jepit dan potong.

Berikut penjelasan lebih lengkap mengenai jenis-jenis tang.

a. Combination Plier

tang kombinasi brand sands

Jenis tang ini merupakan jenis tang yang paling umum dan paling banyak penggunaannya di masyarakat. Karena fungsinya yang beragam, banyak yang memilih untuk pakai tang jenis ini sehingga pengadaan alat untuk digunakannya bisa lebih efektif.

Disebut kombinasi karena tang ini bisa digunakan sebagai pemotong dan penjepit. Bagian ujung tang yang bergerigi dapat digunakan untuk memotong dan mengupas kulit kabel. Sedangkan bagian ujung tang yang rapat dan rata digunakan untuk menjepit beda yang tidak aman untuk disentuh langsung seperti instrumen listrik.

b. Cutting Plier

tang potong besar

Jenis tang ini memiliki bentuk yang agak miring di bagian ujungnya, ujung yang pipih dan dan sangat rapat ini bertujuan agar dapat memotong sesuatu seperti kabel.

c. Long Nose Plier

tang lancip vde

Jenis tang ini memiliki bentuk ujung yang panjang dan runcing, berfungsi untuk memotong sesuatu dan digunakan untuk mencapai suatu benda dengan ruang potong yang sempit.

d. Locking Plier

tang buaya rahang lurus

Jenis tang ini berfungsi sebagai penjepit. Bagian ujungnya yang bergerigi ini dapat diatur kelebarannya melalui sekrup pemutar dibagian belakang tang.

e. Rivet Plier

tang rivet

Bentuk tang jenis ini mungkin agak berbeda dari jenis tang lain. Jenis tang ini digunakan untuk memasang paku rivet biasanya bertujuan untuk menyambungkan plat besi. Sambungan yang dihasilkan juga bersifat permanen sehingga membutuhkan perhitungan yang cermat. 

f. Water Pump Plier

tang pompa air atau tang burung

   Jenis tang ini paling sering digunakan untuk pekerjaan yang berhubungan dengan pipa. Ciri khas dari tang ini yaitu terdapat berbagai macam slot dan bagian inilah yang digunakan untuk mencengkram atau memutar benda-benda yang berukuran cukup besar.

g. Wire Stripper

tang kupas kabel


Jenis tang ini khusus digunakan untuk mengupas dan memotong kabel. Pada tang ini, terdapat dua macam rahang sekaligus. Rahang yang pertama digunakan untuk mengunci terminal kabel. Sedangkan rahang kedua digunakan untuk mengupas kabel.

h. Crimping Plier

Alat crimping


Jenis tang ini umumnya digunakan untuk instalasi jaringan listrik. Tang ini berbeda pada tang jenis lainnya, yakni penjepitnya tidak terdapat dibagian ujung melainkan dibagian tengah rahang. Salah satu fungsinya pada mobil, biasa digunakan untuk memipihkan hingga mengupas lapisan isolator kabel.


Yuk kunjungi website kami untuk dapatkan koleksi tang terlengkap dan termurah!

0 Komentar
No data yet
Tinggalkan Komentar
Keranjang (0 item)